Wednesday 11 October 2017

Isekai wa Smartphone to Tomo ni Chapter 201 Bahasa Indonesia


TranslatorRamune
Editor
Mizuki Hashima
Proof Reader
UDesu

UDesu : Telat rilis karena banyak yang perlu diperbaiki ('3')/


Arc 23: Datangnya Ancaman Baru 

Chapter 201: Rodomea dan simulasi pertarungan



Setelah mendengar berita yang sebelumnya kudengar dari End, ketua guild Rerisha-san pun segera menghubungi ketua guild di Federasi Rodomea dan membuat janji untuk bertemu gubernur Rodomea. Volk Rajeel.

Aku bersyukur karena sang gubernur mau bertemu dengan kami sekarang juga.

Mungkin karena yang mengajukan adalah seorang Raja, meski dari negara kecil. Atau mungkin karena aku menulis nama aliansi kami.

Setelah menerima pesan dari guild, aku pun berangkat ke Rodomea bersama dengan Raja Belfast dan Kaisar Regulus sebagai perwakilan dari [Aliansi Negara-timur-barat] disertai beberapa pengawal

Akan tetapi …


Kenapa Anda tidak mau mengungsi?! Hal yang telah terjadi di Yuuron mungkin akan terulang lagi!(Touya)

Yah, bukan berarti kami tidak akan mengungsi. Kami akan melihat situasi terlebih dahulu dan akan memikirkan apakah kami perlu melakukannya.(Volk)

Gubernur Volk itu duduk di depanku di ruangan tamu.

Rambut coklatnya yang keriting teruntai ke bawah; dan wajahnya menatapku dengan serius; ia terlihat kuat, dan dia memiliki janggut yang tumbuh sampai pipinya.

Ia memakai celana dan sepatu yang mewah beserta jas dengan desain yang sangat bagus dan mahal.
Dia adalah Volk Rajeel, gubernur dari provinsi tengah dan juga Gubernur Pusat yang memimpin negara ini.

Orang yang telah terpilih menjadi pemimpin dari 7 gubernur ini terlihat sangat tenang dan bahkan tidak terkejut setelah mendengar invasi Fraze.

Aku penasaran apakah itu semua karena ia sangat percaya diri pada kekuatan negaranya.
Aku ingin bertanya sesuatu, darimana Anda memperoleh berita ini?(Volk)

Untuk saat ini saya tidak bisa memberitahu Anda secara detail, tapi saya mendapatkannya dari salah satu rekan kami … (Touya)

Rekan? Apa dia bisa dipercaya? Meski terkesan kurang sopan, tapi kami tidak akan bisa mempercayai rekan Anda yang bahkan belum pernah kami temui sebelumnya, benar kan? (Volk)

Memang sih, End adalah pria misterius. Tapi sudah jelas kalau ia memusuhi Fraze. Mungkin ini tidak sesuai dengan pepatah “musuh dari musuhku adalah temanku,” tapi [untuk sekarang], ia bukanlah musuh kami … dan aku juga tidak berharap ia menjadi musuh kami.

Sejujurnya, pendapat para gubernur bermacam-macam. Ada yang berpendapat kalau kami harus segera mengungsi, ada juga yang berpendapat kalau kami tidak perlu melakukannya. 
Sisanya berpendapat kalau kami harus melawan mereka dengan kekuatan kami sendiri … Pendapat kami bervariasi. Dan kami tidak bisa membuat keputusan tanpa adanya persetujuan bersama(Volk)

Kenapa mereka bisa setenang ini? Lebih baik mereka segera mengungsi saja daripada berdebat.
Soalnya nyawa para penduduk yang menjadi taruhannya.

Sementara aku merasa kesal dan mengumpat di hatiku, Kaisar Regulus mulai berbicara.

Kalian mengatakan kalau kalian yang akan mengalahkan Fraze dalam pertempuran kali ini.
Tapi aku punya satu pertanyaan, apa Anda tahu seberapa kuat mereka sampai membuat Anda yakin bisa melakukannya?」(Kaisar)

Jadi begini… monster kristal yang kalian sebut dengan Fraze pernah muncul di negara kami juga.
Dan, kami juga sudah memikirkan tindakan balasan berdasarkan pertempuran kalian di Yuuron.  Kami pasti akan mengalahkannya(Volk)

Aku jadi ingat kalau Fraze pernah muncul di Rodomea sebelumnya. Apa  mereka punya rencana untuk melawan Fraze sejak saat itu? Aku penasaran bagaimana cara mereka melawannya.

Oh iya. Bagaimana kalau kita lihat langsung? Ayo ikuti aku.(Volk)

Sambil tersenyum, ia mengantar kami keluar istana. Gaya arsitek Rodomea hampir sama dengan gaya Baroque yang ada di St. Petersburg ,Russia.

Sepertinya Rodomea telah selesai membangun kota ini setelah meniru budaya lain sama seperti Peter yang agung saat membawa budaya eropa.

Kami diantar ke sana dengan gubernur beserta pengawalnya, setelah beberapa menit berjalan…kami akhirnya sampai di belakang istana.

Ada benda itu disana. Aku tak bisa berkata-kata saat melihatnya. Karena benda itu sama persis dengan yang pernah kulihat sebelumnya.

Golem kayu, ya?(Touya)

Golem kayu yang dengan jelas terbuat dari kayu dan pohon ada disana.

 Besarnya mungkin 2x besar Framegear milik kami.

 Mereka terlalu besar untuk golem biasa.

Mungkin ini golem yang telah dikembangkan oleh suku Rivet di hutan besar.
Jika aku ditanya apa perbedaannya, aku akan menjawab kalau yang satu ini terlihat seperti prajurit berzirah karena memakai zirah besar di bagian luarnya.

Kenapa ada golem kayu di sini?! Bukankah ini berbahaya?!(Gaspar)

Tenang. Golem ini penurut dan sudah sepenuhnya kami kendalikan. Golem ini tidak akan mendengar perintah siapapun kecuali perintah kami. Keadaan mengamuk atau di luar kontrol tidak akan terjadi.(Volk)

Komandan pasukan yang menjadi pengawal Kaisar, Gaspar-san, bertanya soal keamanan golem tersebut, namun sang gubernur hanya memukul kaki golem itu untuk membuktikannya.

Yang mulia Raja Belfast juga melihat golem berzirah itu dan bertanya.

Tapi ukurannya tidak masuk akal. Apapun spesiesnya, golem biasa tak mungkin mencapai lebih dari 10 meter. Tapi yang satu ini malah…(Raja)

Mereka telah berevolusi menjadi behemoths. Yang satu ini merupakan hasil dari perkawinan bibit unggul dan efek dari obat tertentu. Itu merupakan teknik milik suku Rivet dari hutan besar(Touya)

Hou. Yang mulia Raja Brunhild memang luar biasa. Jadi Anda tahu akan hal itu, ya?(???)

Seseorang tiba-tiba menjawab pernyataanku setelah aku menjawab pertanyaan Raja Belfast.
Aku menoleh ke belakang dan melihat orang pendek yang gemuk, mungkin berumur 40 tahunan, memakai jubah putih bersih. Ia kelihatan gugup sambil membetulkan posisi kacamata yang dipakainya.

Meskipun rambutnya tinggal sedikit, ia menunjukkan sebuah senyuman di wajah berminyaknya.

Gubernur, siapa orang ini?(Touya)

Aah, orang ini adalah Dr. Edgar Bowman, seorang jenius muda sekaligus sarjana mesin sihir dari negara Rodomea. Dan dialah yang membuat golem-golem ini(Volk)

Muda? Ia terlihat seperti om-om yang rambutnya tinggal sedikit sampai-sampai bisa dibilang botak.

Mungkin ini kurang sopan, tapi, berapa umur Anda Dr. Bowman?(Touya)

Aku? Aku akan berumur 24 tahun ini, kenapa Anda menanyakannya?(Bowman)

24?! Apa kau tidak memalsukan umurmu… botak?! Hei, umur 24 tapi sudah seperti ini! Eeh~…
Ketika aku menoleh ke belakang, Raja dan Kaisar beserta para pengawal di belakangnya juga sama-sama memasang wajah *poker face sepertiku. Dan mata mereka membulat sempurna.

Ya Pastilah!

Jika kita menanyakan asal mula golem ini, memang benar kalau itu adalah golem kayu buatan suku Rivet. Setelah membelinya di pasar-gelap, aku menggunakan semua pengetahuan yang telah kupelajari dan mengembangkannya hingga menjadi seperti ini. Untuk zirahnya, kami menggunakan mithril dan telah ditambah kemampuan kebal terhadap api. Kami juga telah memberikan [Kalung Pengendali] semenjak mereka kecil dan akhirnya sampai seperti ini. Core, yaitu inti yang merupakan kelemahannya, telah kami tutupi dengan beberapa lapis zirah. Dan tentu saja telah diberi fitur regenerasi.
Terlebih lagi, kami bisa memproduksi masal mereka karena harganya murah dan kami juga sudah punya beberapa lusin golem berzirah ini.
Jadi, jika Fraze itu benar-benar akan datang, mereka semua akan hancur di tangan kami.
Apa kalian punya pertanyaan?
(Bowman)

Si profesor tua bernama Bowman atau apalah itu mengatakan semua kelebihan golem-golem itu dengan bangga.

Oh, kumohon berhentilah!

Aku penasaran kenapa orang-orang seperti ini selalu saja berbicara tentang kelebihan masing-masing ketika mereka menjelaskan apa yang mereka pahami dan ketahui.

Sudah kuduga kalau golem ini merupakan golem dari suku itu. Yah, meskipun aku tak tahu bagaimana cara mereka membuatnya menjadi seperti ini.

Seharusnya kuhancurkan saja suku itu agar tidak meninggalkan sesuatu yang merepotkan seperti ini.
Kemungkinan untuk bertindak ceroboh dan menjadi idiot akan bertambah seiring meningkatnya kekuatan yang mereka miliki.

Benda ini, yang sudah kami kalahkan waktu itu, tidak akan bisa menghadapi atau bahkan mengimbangi  Fraze meskipun sudah diperkuat dengan apapun.

Setidaknya itulah yang kupikirkan.

Golem ini mungkin bisa menang jika musuhnya merupakan level-rendah. Tapi mereka pasti kalah jika melawan level-menengah.

Golem ini kemungkinan tidak akan bisa menghindari serangan laser seperti yang telah dikeluarkan oleh tipe-manta yang kami lawan dulu.

Kau bilang kalau kau adalah sarjana mesin sihir, apa kau ahli dalam alat sihir?(Touya)

Benar. Saya telah mempelajari warisan Paruteno kuno dan saat ini tengah mempelajari buku sihir yang ditulis oleh profesor yang bernama Deborah Erks. Hasil semua pengetahuan itu telah digunakan pada Golem ini(Bowman)

Deborah Erks?(Touya)

Profesor dari zaman kuno yang telah membuat [Jarum Pengendali Pikiran] yang digunakan oleh Raja Naga itu?
 Meskipun karya profesor itu dianggap sampah oleh Professor Babylon, Bowman malah mempelajari dan menggunakan pengetahuannya untuk membuat golem ini.

Saya penasaran apakah prajurit raksasa milik Anda juga merupakan buatan Profesor Erks. Saya yakin tidak ada yang bisa membuat benda-benda menakjubkan kecuali seorang jenius seperti Profesor Erks. (Bowman)

Ah, bukanFramegear milik kami merupakan buatan Professor Babylon!(Touya)

Profesor Babylon? Saya tidak pernah mendengar namanya sebelumnya. Apakah orang itu pernah disebutkan di dalam buku?(Bowman)

Ah~… Yah, itu rahasia!(Touya)

Bowman memasang muka kesal setelah mendengar jawabanku.

Sepertinya ia mengidolakan Professor Erks.

Akan tetapi, gubernur. Apakah golem ini benar-benar bisa menghadapi mereka nantinya? Kami telah bertempur dengan mereka di Yuuron. Dan kami khawatir jika Anda terlalu yakin dengan kemampuan golem ini.(Kaisar)

Gubernur menaikkan 1 alisnya setelah mendengar perkataan kaisar Regulus.

 Akan tetapi, orang yang paling bereaksi pada ucapan beliau bukanlah gubernur, melainkan Bowman.

Saya tidak bisa mengabaikan ucapan Anda, Kaisar! Golem ini merupakan hasil pengetahuan kuno dan teknologi modern. Apa Anda masih meragukan kekuatannya? Mungkin ini tidak sopan, tapi sepertinya Anda masih tidak paham kalau golem ini jauh lebih hebat daripada prajurit raksasa milik Brunhild.(Bowman)

BAJINGAN!(Gaspar)

Gaspar-san langsung memegang pegangan pedangnya. Kaisar menyuruhnya berhenti namun gubernur Volk malah memperparah keadaan.

Bowman-kun, tolong jaga ucapanmu. Maafkan kami. Hal ini tidak dapat dicegah jika menyangkut golem, yang mulia Kaisar. Akan tetapi, saya juga tidak  paham dengan maksud perkataan Anda tadi. Apakah Anda meragukan golem-golem kami?(Volk)

Meskipun kata-katanya terdengar sopan, mata sang gubernur seperti sedang menantang kami. Oh... aku jadi ingat, kudengar kalau salah satu alasan kenapa Regulus dan Rodomea bermusuhan adalah karena Rodomea memerdekakan diri dari Regulus dulu sekitar 200 tahun yang lalu.

Mereka mungkin masih saling tidak menyukai satu sama lain hingga saat ini.

Kira-kira bagaimana ya agar kekhawatiranku bisa kalian pahami. Aku ragu kalau boneka-boneka ini bisa melawan mereka sambil melindungi penduduk. Karena kulihat mereka dibuat untuk bertarung, bukan untuk melindungi.(Kaisar)

Oh. Jadi Anda berpendapat kalau prajurit raksasa Brunhild, yang dioperasikan manusia, bisa mengalahkan golem-golem ini?(Volk)

Eh? Kenapa rasanya Kaisar juga ikutan memprovokasi? Yah, aku paham soal perasaannya sih...
Sepertinya profesor bernama Bowman atau apalah itu sangat percaya dengan kekuatan golem ini.
Dia memasang ekspresi dongkol dan marah pada Kaisar sejak dari tadi.

Dia pasti orang idiot karena terang-terangan memasang ekspresi seperti itu di depan pemimpin Negara lain.

Dan begitu pula sebaliknya, Gaspar-san menatap wajah idiot itu dari tadi.

Yah... tentu saja pengikut setia sepertinya akan marah.
Para pengawal Regulus dan Rodomea saling menatap satu sama lain.

Oi… kenapa rasanya suasana ini terasa berbahaya?

 Dasar! Hal ini terjadi karena si maniak golem itu tidak bisa membaca suasana.

Apa dia terlalu bangga karena dijuluki jenius oleh negaranya?

Jujur saja, bagiku dia terlihat seperti mencampur berbagai hal saat mengatakan kalau dia memasang [Kalung Pengendali] pada golem suku Rivet.
Meskipun cuma itu saja yang merupakan karyanya sendiri, sih.

Touya-dono. Aku punya saran. Bagaimana kalau kita menunjukkan kekuatan Framegear pada mereka semua?(Raja)

Apa tidak apa-apa?(Touya)

Raja Belfast membisikkan sesuatu padaku sambil menatap pengawal Rodomea dan Regulus.
Sejujurnya aku juga setuju.

Tidak apa-apa, hal ini akan menjadi masalah besar nantinya.
Jadi bukankah sebaiknya kita memperbaiki pendapat mereka yang meremehkan Fraze? (Raja Belfast)

Sepertinya tidak ada alasan untuk menahan diri lagi.

Memang sih, mereka sendiri yang memulai dengan [kami memiliki golem-golem ini, jadi kami tidak memerlukan bantuan kalian], dan mereka semua pasti akan mati jika tidak segera mengungsi.
Haruskah aku menunjukkan pada mereka kalau golem mereka itu tidak berguna?

Gate

Aku membuat gerbang di atas langit, dan Framegear berwarna abu-abu, Chevalier turun.

Tanah sekitar bergetar seperti gempa kecil saat Framegear  turun.
Semua orang Rodomea terkejut melihat Framegear yang tiba-tiba muncul.

Inilah Framegear yang diproduksi masal oleh kami, Chevalier. Framegear terlemah diantara yang lain dan satu-satunya hal yang bagus darinya hanyalah badannya」(Touya)

I-ini……

Semua orang Rodomea melihat Framegear itu dengan mulut terbuka.
Golem mereka lebih besar daripada Framegear kami.

Dan jika dipikir secara logika, Framegear kami pasti akan terpental jika menerima serangan langsung dari golem mereka.
Apa mereka juga berpikir sama?

Aku berpikir seperti itu saat melihat seringai Bowman.
Oi... apa barusan kau tertawa?

Mari kita lakukan pertandingan simulasi antara Framegear kami dengan golem Anda. Kami juga ingin tahu seberapa kuat golem itu. Apakah Anda memperbolehkannya, Gubernur?(Touya)

Hohoo. Tidak masalah. Bagaimana menurutmu, Bowman-kun?(Volk)

Menarik. Saya juga penasaran dengan kekuatan Framegear milik Anda. Kalau begitu, mari bersiap-siap.(Bowman)

Bowman tersenyum sambil membetulkan posisi kacamatanya. Kemudian ia memberikan sesuatu pada pengawal dan berjalan ke golem itu.
Simulasinya akan dilakukan 10 menit lagi.
Gubernur itu lalu berpisah dengan kami dan berbicara dengan Bowman.

Jadi, kita juga harus bersiap dan berpartisipasi dalam hal ini. Nicola-san, bisakah kau melakukannya?(Touya)

Ya. Tidak ada masalah.(Nicola)

Wakil komandan Nicola-san yang ikut sebagai pengawal kami, tidak akan kalah dengan mereka.
Saat aku memikirkannya, ada suara yang memanggilku dari belakang.

Baginda, bisakah Anda memberikan tugas ini kepada saya?」(Gaspar)

Gaspar-san?」(Touya)

Komandan orde ksatria Regulus, Gaspar-san,  yang memakai armor hitam, berkata demikian dengan mata yang terlihat menakutkan.

Saya tidak akan kalah dengan kayu-kayu murahan itu. Saya bersumpah atas nama kekaisaran kami.(Gaspar)

Pengawal kekaisaran yang lain juga memasang raut wajah yang serius saat aku memandang mereka. 
Kurasa memang tidak mungkin untuk berdiam diri setelah melihat kelakuan Bowman tadi.
Selain itu, sang Kaisar juga mengangguk dengan mantap.

 Yah, Kemungkinan kami menang sangat tinggi jika pilotnya adalah Gaspar-san.

Lagipula bukan berarti yang harus bertarung itu adalah kami.
Regulus maupun Belfast juga bisa.

Oleh karena itu, tidak ada masalah jika yang melawan adalah Gaspar-san sebagai perwakilan Aliansi Negara-timur-barat.

Baiklah. Kalau begitu, aku percayakan pertandingan ini padamu. Apa kau ingin menggunakan tombak?(Touya)

Ya… Aku akan menggunakannya.(Gaspar)

Aku membuka [Gate] sekali lagi dan memindahkan sebuah tombak dari [Hangar].

Untuk berjaga-jaga, aku akan memberitahu Gaspar-san lokasi core inti golem kayu itu beserta karakteristiknya. Soalnya golem-golem itu telah diperkuat oleh Bowman.

Sip haruskah kita mulai pertarungan ini?

Aku bisa melihat  Bowman tersenyum dengan mantap sambil melihat Gaspar-san yang naik ke kokpit Framegear.

Nah, berapa lama senyum itu akan bertahan?






5 comments: